ADSENSE

Proses Pengolahan Emas Dari Tambang

Post a Comment

Menyiapkan Bahan Baku 

Bahan baku emas
Terdapat dua jenis bahan baku yang bisa dipake. Pertama ada biji kecil atau bongkahan emas dengan kadar kemurnian 90% dari hasil tambang. Kedua berasal dari perhiasan yang sudah cacat, rusak karena patah atau tidak digunakan lagi dan memiliki kadar kemurnian 37%

Pencucian Pertama 

Bongkahan emas dari tambang dicuci dengan cairan kimia tertentu. Untuk meluruhkan jenis logam lain sehingga hanya tersisa konsentrat emas murninya saja dengan kadar mencapai 99,99% Larutan kimia pertama untuk memisahkan logam utama dan besi yang tercampur pada bongkahan emas. Dan yang kedua untuk memisahkan perak atau silver yang tercampur pada emas tersebut. 

Metode Pencairan Pertama 

Peleburan emas

Metode ini dipake untuk emas rongsok. Dengan dipanaskan dalam tempat khusus sampai batas temperaturnya 1.400 derajat celcius. Pas udah meleleh dan berbentuk cairan emas pekat, kemudian bisa dicetak menjadi bentuk emas batangan. 

Metode Pencairan Kedua 

Pada tahap ini emas batangan dari pencairan pertama tadi, dipanaskan lagi dan dimasukkan ke dalam cairan klorin. Dan di tahap ini akan menghasilkan jenis emas dengan bentuk seperti cornflakes (sereal jagung) yang kadar emasnya mencapai 90% 

Pencucian Kedua 

Emas yang berbentuk cornfiakes, kemudian dicuci pake cairan yang bernama agua regia. Hasilnya emas nantinya akan larut dan menjadi cairan mirip minyak, Kemudian terus diproses sampai menjadi pasir emas. Bentuk pasir emas ini merupakan jenis emas dengan kadar paling murni. 

Pembuatan Biji Emas Murni (Grain) 

Bijih emas murni

Selanjutnya emas yang berbentuk pasir tadi, akan di lelehkan dan dimasukkan ke dalam larutan kimia kembali. Setelah itu akan disaring sehingga akan menghasilkan biji emas murni (grain). Biji emas murni ini merupakan hasil akhir dari proses pemurnian. 

Proses Pencetakan 

Percetakan emas

Nah ini merupakan tahap terakhir. biji emas murni akan di lelehkan lagi dan di cetak jadi batangan kotak tipis atau tebal atau jenis bentuk yang lainnya seperti koin misalnya. Jika dibentuk batangan maka bentuknya dengan ukuran berat mulai dari 1 gram hingga 5 kilogram. Tara !! emas siap deh dipasarkan. 

Emas batangan

Related Posts

Post a Comment

mgid