ADSENSE

Penyebab Baju Baru Memiliki Bau Toko

Post a Comment

 1. Bahan Kimia Formaldehida

Bahan kimia

Bau khas pada baju itu disebabkan oleh bahan kimia loh, baunya juga beragam tapi yang paling khas itu bau dari formaldehida (nama resmi metanal atau nama komersil formol), sejenis fromalin yang digunain pabrik buat ngilangin wrinkle, dan juga bakteri penyebab jamur. 

2. Proses Tekstil

Pabrik Tekstil

Yang kedua adalah karena proses tekstil serat. Pakaian itu kan sebagian terbuat dari kapas, wol atau sutra yang bisa dihinggapi kutu atau tungau. Nah, untuk mencegah itu, pada proses tekstil digunakan bahan kimia yang disebut pentaklorofenol atau pestisida organoklorin, kedua senyawa ini termasuk berbahaya. 

3. Zat kimia yang terkandung

Zat kimia

Selain yang 2 tadi, bau juga bisa aja berasal dari bahan pewarna yang di dalamnya tuh terkandung guniolines, bahan yang tercampur sebagai bahan baku baju yang mengandung benzotriazole, pencegah jamur yang mengandung dimetilformamida dan masih banyak lagi bahan kimia dalam pembuatan baju. 

4. Parfum Khusus

Siapa nih yang waktu kecil menganggap bau baju baru di toko itu enak? Hehe, padahal itu bahan kimia yang juga cukup berbahaya. Tapi ada juga yang bilang bau itu datang dari parfum khusus. Silakan berpendapat ya sob! 

CARA MENGHILANGKAN AROMA BAJU BAU TOKO

Pencucian

Seharusnya formaldehida bisa hilang cukup dengan dibilas air saja, tapi kalau gak mau pergi juga baunya, bisa dicoba dengan air hangat + cuka atau air hangat + jeruk nipis atau pakai aseton. 

Related Posts

Post a Comment

mgid