ADSENSE

9 Cara Bicara Dengan Dosen Yang Galak

Post a Comment

BAYANGIN NIH, Ada satu waktu dimana kita harus berhadapan dengan dosen “tua” yang gualaknya minta ampun. 

Mungkin perkataan yang terdengar biasa aja bisa jadi masalah sama doi. 

Diskusi

Dosen yang modelan, kalau kita “pamer" ilmu/pengetahun/prestasi, udah pasti kena skakmat sama pengalaman/ilmu beliau hehe.. 

ETIKA INI, MUNGKIN BISA MELULUHKAN HATINYA 

Cara ini juga bisa dipake ga cuman ke dosen galak doang lho.. Cara ini juga bisa dipake saat bicara dengan orang tua, orang yang belum dikenal, client atau siapapun deh 

1. VOLUME SUARA

Ketika ngobrol sama orang yang lebih tua, usahakan untuk rendahin suara, inget loh ya rendahin bukan kecilin, entar malah gak kedengeran hehe. Kalo bisa secara halus, meskipun kamu orangnya sangar. 

2. BAHASA SEBERHANA 

Gunakan bahasa yang santai, mudah dipahami, Hindari memakai istilah yang orang belum tau. Soalnya hal ini yang bikin orang nyaman untuk mengobrol. 

3. PANGGILAN SOPAN 

Kalau pas manggil pakailah panggilan yang sopan ya. Seperti "saya" untuk diri sendiri dan "bapak/ibu" untuk panggilan mereka. Meskipun baku tapi kamu bisa dihargai. 

4. PANGGIL NAMA

Kamu juga biasakan ya kalo pertama ngobrol sama orang yang tua, tanya dulu namanya. Biar kamu bisa pakai untuk panggilan ke beliau, soalnya lebih sopan darimana gak manggil nama. 

5. TUNDUKAN BADAN 

Kalau kamu iyakan sesuatu, baru ketemu atau mau pergi. Sebaiknya kamu tundukin badan supaya sopan dan ramah ya sob !! 

6. TATAPAN MATA 

Sesekali kamu tatap atanya ketika ngobrol ya. Semisal gak sanggup lama-lama, jangan tolah kanan tolah kiri ya, mending tundukin pandangan. Agar tetap menghargai 

7.MENGALAH

Kalau kamu mau pergi, makan bareng, atau lainnya, ushakan sih untuk mengalah, biar mereka dulu yang lakukan habis itu kamu deh. 

8. KETAWA KECIL

Kalo ngobrol jangan kaya patung ya, sesekali nih ketawa kecil supaya mencairkan suasana, meski sih ke orang lebih tua. 

9. SENYUM

Satu lagi nih jangan lupa ya untuk tersenyum juga. biar mereka tuh anggap kamu orang yang ramah, sopan, dan welcome ketika ngobrol.

Related Posts

Post a Comment

mgid