ADSENSE

Masalah Umum Komputer dan Solusinya

Post a Comment
Masalah Umum Komputer dan Solusinya

Terkadang perangkat komputer desktop/laptop/notebook sering mengalami masalah kecil yang sebenarnya dapat diselesaikan sendiri tanpa membuang uang untuk terus mengirimkannya ke teknisi atau spesialis. Lakukan pemeriksaan awal terlebih dahulu.

Masalah Umum Komputer dan Solusinya

1. Gangguan catu daya
Jika Anda terus-menerus mengalami pemadaman listrik dan masalah tegangan secara tiba-tiba, hal itu dapat menyebabkan kegagalan fungsi teknis yang juga menyebabkan kegagalan fungsi perangkat keras dan kehilangan data. Jangan santai jika itu selalu terjadi.

Solusinya

Gunakan Uninterruptible Power Supply (UPS) yang akan memberikan aliran energi listrik secara terus menerus ke komputer bahkan saat listrik padam secara tiba-tiba. Ini akan memberi Anda cukup waktu untuk menyimpan data dan mematikan komputer.

2. Panas

Sering terjadi komputer/laptop tidak memiliki sistem pendingin yang memadai sehingga tidak mampu menampung pekerjaan yang Anda lakukan. Ketika ini terjadi, komponen komputer/laptop mulai menghasilkan panas yang berlebihan selama pengoperasian.

Solusinya

Agar masalah ini tidak berlanjut, matikan komputer/laptop Anda terlebih dahulu dan biarkan beberapa saat. Juga, periksa kipas untuk memastikannya berfungsi dengan baik. Untuk laptop, jangan biarkan di lantai saat bekerja melainkan dapatkan kipas tambahan sebagai penopang pendinginan.

3. Kebisingan/asing dan getaran

Masalah ini hampir pasti terkait dengan perangkat keras di komputer Anda. Kebisingan bernada tinggi biasanya disebabkan oleh perangkat keras elektronik. Apapun alasannya, Anda bisa mencoba melakukan pemeriksaan awal.

Solusinya

Buka casing komputer Anda dengan hati-hati, untuk mengetahui penyebab masalah periksa apakah itu berasal dari kipas atau kabel/sekrup yang kendor dari posisi semula. Jika bukan disebabkan oleh kedua masalah tersebut, jangan mengutak-atik komponen lain dan mencari bantuan teknisi atau orang yang lebih ahli.

4. Komputer reboot sendiri

Masalah komputer berulang kali reboot sendiri. Kasus ini sering disebabkan oleh perangkat keras komputer itu sendiri.

Solusinya

Periksa kondisi catu daya yang Anda gunakan saat ini, apakah sudah rusak atau masih dalam kondisi baik. Selain itu, kemungkinan kipas pendingin Anda sangat kotor sehingga debu yang menumpuk di kipas akan mempercepat pemanasan yang akan menyebabkan komputer Anda mati secara otomatis.

5. Koneksi USB tidak berfungsi

Terkadang ketika Anda mencoba menghubungkan perangkat seperti printer, pemindai, webcam, dll. melalui USB ke komputer/laptop/notebook/dll, itu tidak berhasil. Faktanya, beberapa port hub USB, monitor, atau perangkat lain yang digunakan sebagai perantara tidak menyediakan daya yang cukup untuk mendukung perangkat tersebut. Hal ini membutuhkan hub yang memiliki nilai daya sendiri untuk berfungsi dengan baik.

Solusinya

Coba sambungkan langsung USB langsung ke salah satu port USB komputer Anda tanpa perantara. Perangkat kecil seperti drive USB, mouse, dan lainnya memiliki nilai daya sendiri tetapi hindari menggunakan perantara untuk perangkat yang membutuhkan daya lebih.

Keyword: permasalahan komputer dan cara mengatasinya masalah hardware komputer dan cara mengatasinya troubleshooting komputer komputer lambat saat membuka aplikasi masalah pada server kegagalan software masalah bios tidak mau booting troubleshooting komputer komputer lambat saat membuka aplikasi masalah pada server kegagalan software masalah bios tidak mau booting permasalahan komputer dan cara mengatasinya

Related Posts

Post a Comment

mgid