ADSENSE

Perbedaan antara MKV dan MP4

Post a Comment

Perbedaan antara MKV dan MP4

Perbedaan utama:

Keduanya, MKV dan MP4 adalah format file yang digunakan terutama untuk memutar video dengan audio. MKV dan MP4 bukan format pengkodean, tetapi merupakan file kontainer, yang pada dasarnya adalah pembungkus untuk file video yang diformat. Perbedaan utama antara keduanya bukan dari format itu sendiri, tetapi dari jenis codec yang digunakan dalam file.

Keduanya, MKV dan MP4 adalah format file yang digunakan terutama untuk memutar video dengan audio. Namun, apa yang kebanyakan orang tidak sadari adalah bahwa MKV dan MP4 bukanlah format penyandian, tetapi merupakan file kontainer, yang pada dasarnya adalah pembungkus untuk file video yang diformat. Perbedaan utama antara keduanya bukan dari format itu sendiri, tetapi dari jenis codec yang digunakan dalam file.

MKV adalah format file untuk Matroska Multimedia Container, sering disebut Matroska. Ini adalah format wadah gratis standar terbuka, yang berarti tersedia secara gratis untuk siapa saja tanpa biaya. MKV mirip dengan format file lain, seperti AVI, MP4, dll, dengan cara semua format wadah. Ekstensi file yang paling umum untuk Matroska Multimedia Container adalah .mkv untuk video dengan subtitle dan audio, namun .MK3D untuk video stereoskopik, .MKA untuk file audio saja, dan. MSK untuk file subtitle saja juga digunakan.

Nama 'Matroska' berasal dari kata Rusia "Matryoshka" yang berarti boneka bersarang, yang cukup terkenal sebagai simbol budaya Rusia. Istilah tersebut dipilih untuk bermain dalam format file container, yaitu media di media, mirip dengan konsep doll in the doll.

Matroska pertama kali diumumkan pada tahun 2002, yang membuat formatnya lebih baru dari yang lain. Karena itu, MKV memiliki fitur tertentu yang membedakannya dari format file sebelumnya.

Pertama, mendukung berbagai codec video. Kedua, ia juga memiliki dukungan untuk beberapa aliran video, audio, subtitle atau bab. Dengan demikian, satu file dapat secara efektif menampilkan film yang di-dubbing dalam berbagai bahasa serta subjek dalam berbagai bahasa.

Keuntungan terbesar dari MKV adalah mendukung H.264 / AVC, yang tidak didukung oleh AVI. H.264 / AVC diperlukan untuk pemutaran konten HD yang efisien. Ini membuat MKV menjadi format pilihan untuk video HD dan bayangan Blu-ray. Namun, video yang paling umum dikodekan dalam MKV adalah video yang disandikan x264. x264 adalah codec video; ini adalah versi terbuka dari h264. h264 adalah codec standar untuk data video saat ini. h264 juga biasa digunakan dalam wadah MP4.

Namun, karena satu file dapat berisi semua beberapa aliran ini, ukuran file bisa sangat besar. Ini adalah kelemahan format mkv, yang membuatnya tidak cocok untuk pengguna biasa yang mungkin tidak menggunakan semua fitur tambahan yang disediakan oleh MKV dibandingkan format wadah lainnya. Namun karena dukungan fitur tambahan, MKV cenderung lebih besar dari ukuran file container lainnya.

MP4 pada dasarnya adalah ekstensi nama file resmi untuk MPEG-4 Bagian 14. MPEG-4 Bagian 14 adalah standar yang ditetapkan sebagai bagian dari MPEG-4. MPEG4 MPEG-4 adalah metode untuk menentukan kompresi data audio dan visual digital. Itu diperkenalkan pada akhir tahun 1998 oleh ISO / IEC (MPEG) Imaging Image Expert Group. MPEG-4 telah ditetapkan sebagai standar untuk sekelompok format pengkodean audio dan video dan teknologi terkait. MPEG-4 dapat digunakan untuk kompresi data AV untuk web, seperti yang digunakan untuk media streaming, untuk distribusi CD, serta untuk aplikasi siaran televisi suara.

MPEG-4 Part 12 dikembangkan dari file MOV Apple dan akhirnya menghasilkan MPEG-4 Part 14, yang merupakan format MP4. MP4 adalah format wadah. Artinya dapat digunakan untuk menyimpan data audio dan/atau video. Video dan audio MP4 juga dapat dialirkan melalui internet.

MP4 menggunakan codec yang menentukan bagaimana audio atau video akan dikodekan. Advanced Audio Coding (AAC) adalah codec paling populer untuk mengompresi audio dalam format MP4.

MP4 tidak memiliki metode penyandian audio atau video standar. Ini adalah codec yang mempengaruhi kualitas dan kompresi video. Setiap file MP4 hanya akan berbeda berdasarkan codec yang digunakan. Oleh karena itu, dua file MP4 bisa sama jika menggunakan codec yang sama, atau bisa sangat berbeda, jika menggunakan codec yang berbeda.

MP4 adalah format wadah yang digunakan untuk menyimpan file audio dan video. Itu juga dapat menyimpan subtitle untuk file video. Sebagai wadah, MP4 dapat menyimpan file audio dan video yang telah dikompresi dengan cara yang berbeda, termasuk sebagai MPEG-4. MP4 tidak peduli dengan bagaimana gambar dikompresi dan diubah menjadi data. Ini hanya berlaku untuk bagaimana data untuk video dan audio disimpan dalam file serta informasi relevan lainnya seperti subtitle, bab, dll. File MP4 juga dapat berisi metadata sebagaimana ditentukan oleh standar format, serta Extensible Metadata Platform (XMP).


Keyword: perbedaan mkv dan mp4 dalam anime apa itu mkv dan mp4 beda mp4 dan webm perbedaan x264 dan x265 apa itu avi format video paling kecil mkv player mkv to mp3 perbedaan mkv dan mp4 dalam anime apa itu mkv dan mp4 beda mp4 dan webm perbedaan x264 dan x265 apa itu avi format video paling kecil

Related Posts

Post a Comment

mgid