ADSENSE

6 Tips Menanam Pepaya Dalam Pot

Post a Comment

Pepaya merupakan salah satu tanaman buah yang mudah tumbuh dan buahnya kaya akan Vitamin dan juga mineral. Oleh karena itu, pepaya bisa untuk dibudidayakan di halaman rumah menggunakan pot. Berikut langkah-langkahnya:

PEMILIHAN BENIH PEPAYA 

Benih yang baik bisa didapatkan di toko pertanian atau buah pepaya terseleksi. Pilih buah memanjang, tidak cacat, bebas dari penyakit, dan matang pohon. 

PENGOLAHAN TANAH MEDIA TANAM Media untuk tanam pepaya bisa diolah dengan mencampurkan tanah pekarangan dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. 

PENANAMAN BIBIT 

Memilih bibit pepaya jenis California. Alasannya, pohon pepaya California ini tidak terlalu besar jika ditanam dalam pot. 

PERAWATAN 

Penyulaman tanaman dilakukan setelah berumur 1,5 bulan sejak tanam. Amati pohon saat bunga pertama tumbuh pada ketiak daun. Bunga ini mulai tumbuh saat usia tanam 4 bulan. 

PANEN 

Budidaya pepaya bisa dipanen setelah masa tanam 8 - 9 bulan. Produktivitas tergantung kondisi iklim, varietas dan perawatan. Buah pepaya yang dipetik harus mendekati stadium matang pohon. Cirinya terdapat garis menguning pada kulit buahnya. 

Sumber: Kementan


Related Posts

Post a Comment

mgid