ADSENSE

Fakta-fakta Menarik Seputar Ubur-ubur

Post a Comment

Fakta-fakta Menarik Seputar Ubur-ubur

Tubuh ubur-ubur (Jellyfi sh) terdiri dari 90 sampai 95 persen air. Dibanding makhluk lain di lautan, ubur-ubur mungkin terlihat tidak berdaya. Namun, makhluk ini bukannya tidak berbahaya. Ubur-ubur memiliki racun yang mematikan dan telah menyebabkan ribuan korban akibat sengatannya.

Ubur-ubur juga menjadi “masalah nasional” bagi Jepang. Di negara tersebut, ada spesies ubur-ubur yang disebut Nomura. Ubur-ubur sepanjang 2 meter dengan berat sekitar 200 kilogram itu hidup di perairan antara Cina dan Jepang, terutama di tengah Laut Kuning dan Laut Cina Timur. Sejak tahun 2005 sampai sekarang, ubur-ubur tersebut telah melanda dan menyerang lautan Jepang, yang mengakibatkan industri perikanan

Ubur-ubur Nomura

Ubur-ubur itu merusakkan jala para nelayan, menggigit ikan-ikan di sana dengan gigitan beracun, dan tidak jarang menyebabkan cedera para nelayan. Pukat nelayan, bahkan perahu di sana, pernah ditenggelamkan oleh kawanan ubur-ubur ini. Pada tahun 2007, sedikitnya ada 15.500 laporan kerusakan perlengkapan memancing yang disebabkan oleh ubur-ubur tersebut.

Di balik tampilannya yang tampak tidak berbahaya, makhluk ini telah mengakibatkan kerusakan yang jauh lebih parah dibanding hewan lain yang mungkin tampak berbahaya. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik seputar ubur-ubur yang perlu kita tahu.

Ubur-ubur Bersurai Singa

  1. Ubur-ubur pertama kali muncul sekitar 650 juta tahun yang lalu dan ditemukan di setiap permukaan laut. Beberapa juga ditemukan di air tawar.
  2. Medusa (Plural medusae) adalah istilah lain untuk ubur-ubur. Istilah itu digunakan untuk menyebut ubur-ubur yang hidup di Yunani, Finlandia, Portugis, Rumania, Ibrani, Serbia, Kroasia, Spanyol, Prancis, Italia, Hungaria, Polandia, Ceko, Slowakia, Rusia, dan Bulgaria.
  3. Karena ubur-ubur bukan merupakan spesies ikan, kadang terdapat anggapan yang keliru tentang ubur-ubur. Karenanya, American Public Aquariumsk telah memopulerkan penggunaan istilah jeli laut (sea jellies) sebagai gantinya.
  4. Umumnya, sekelompok atau sekawanan ubur-ubur disebut dengan istilah bloom atau swarm.
  5. Ubur-ubur tidak memiliki sistem pernapasan karena kulit mereka cukup tipis dan tubuh mereka telah berisi oksigen melalui difusi.
  6. Ubur-ubur tidak mempunyai otak atau sistem saraf pusat, tetapi memiliki jaringan saraf yang longgar, yang terletak di epidermis, yang juga disebut sebagai “jaring saraf”.
  7. Ubur-ubur terdiri dari 90 sampai 95 persen air. Sebagian besar massa bagian payung mereka adalah bahan agar-agar (jeli) yang disebut mesoglea, yang dikelilingi oleh dua lapisan sel yang membentuk payung (permukaan atas). Sedangkan bagian permukaan bawah tubuhnya dikenal dengan sebutan bel.
  8. Ubur-ubur memiliki sistem reproduksi unik—yang jantan maupun betina akan melepaskan sperma dan telur ke dalam air sekitarnya, dan telur yang telah dibuahi tersebut akan tumbuh menjadi organisme baru.
  9. Ubur-ubur memiliki racun yang mematikan, dan telah menyebabkan setidaknya 5.568 kematian sejak tahun 1954. Setiap tentakel ubur-ubur memiliki ratusan ribu jarum yang digunakannya untuk menyuntikkan racun ke korban.
  10. Salah satu spesies ubur-ubur terbesar adalah ubur-ubur bersurai singa (the lion’s mane jellyfi sh). Ubur-ubur ini adalah salah satu hewan yang dikenal terpanjang dan terbesar yang memiliki bel (tubuh) dengan diameter 2,3 meter dan tentakelnya mencapai 36,5 meter. Ubur-ubur ini ditemukan terdampar di pantai teluk Massachusetts pada tahun 1870. 

fakta ubur ubur kotak fakta kerajaan ubur ubur fakta menarik ubur ubur grup ubur ubur fakta menarik tentang ubur ubur fakta tentang ubur ubur fakta unik ubur ubur ubur ubur indonesia

Related Posts

Post a Comment

mgid