ADSENSE

Jenis-jenis Hiu Terbesar di Dunia

Post a Comment

 Jenis-jenis Hiu Terbesar di Dunia

Tidak semua hiu memiliki sifat ganas. Di antara 360 spesies hiu, beberapa dari mereka memang predator atau pemangsa, namun ada yang benar-benar jinak. Ukuran mereka pun bervariasi, ada yang besar, ada yang kecil. Menyangkut ukuran, berikut ini adalah jenis-jenis hiu yang dianggap paling besar di dunia.

Whale Shark

Whale Shark

Hiu paus atau Rhincodon typus adalah hiu terbesar yang hidup di planet ini. Ia dapat tumbuh hingga sepanjang sekitar 12 meter, dengan berat mencapai 15 ton. Namun, meski ukurannya sangat besar, hiu ini bukanlah hiu pemangsa. Mereka bahkan termasuk hiu yang berjalan lambat, dan hanya memakan phytoplankton atau hewan kecil yang hidup di laut.

Basking Shark
Basking Shark

Hiu basking atau Cetorhinus maximus adalah hiu yang sangat besar, karena panjangnya mencapai sekitar 12 meter dengan berat hingga 19 ton. Namun, sebagaimana hiu paus, hiu basking juga bukan hewan pemangsa. Ia hiu yang berjalan lambat dan memakan makhluk-makhluk kecil di lautan.

Great White Shark

Great White Shark
Selain memiliki ukuran tubuh besar, hiu ini juga dianggap sebagai salah satu hiu terganas di dunia. Great white shark atau Carcharodon carcharias dapat tumbuh hingga sepanjang sekitar 8 meter dengan berat hingga 2.267 kilogram. Hiu great white adalah hiu terakhir dari jenis spesies Carcharodon, dan dapat ditemukan di dekat pantai di semua lautan.

Tiger Shark

Tiger Shark

Hiu macan atau Galeocerdo cuvier dapat tumbuh hingga sepanjang 7 meter dan berbobot 907 kilogram. Sebagaimana hiu great white, hiu ini juga merupakan predator yang ganas. Mereka tidak hanya memakan semua jenis kehidupan laut, tetapi juga menyerang manusia. Hiu ini biasanya hidup di daerah perairan khatulistiwa, namun cenderung di sekitar perairan Pasifi k.

Pacific Sleeper Shark Hiu Pacifi c sleeper atau Somniosus pacifi cus dapat tumbuh sepanjang 7 meter, dengan berat mencapai 362 kilogram. Yang menarik dari hiu ini adalah karena mereka merupakan satu di antara sedikit jenis hiu yang ditemukan di daerah bertemperatur rendah (daerah menghadap kutub). Selain itu, mereka juga biasanya hidup di laut dalam, dengan kedalaman hingga sekitar 2000 meter di bawah permukaan laut.

Pacific Sleeper Shark

Pacific Sleeper Shark
Hiu Pacifi c sleeper atau Somniosus pacifi cus dapat tumbuh sepanjang 7 meter, dengan berat mencapai 362 kilogram. Yang menarik dari hiu ini adalah karena mereka merupakan satu di antara sedikit jenis hiu yang ditemukan di daerah bertemperatur rendah (daerah menghadap kutub). Selain itu, mereka juga biasanya hidup di laut dalam, dengan kedalaman hingga sekitar 2000 meter di bawah permukaan laut.

Greenland Shark

Greenland Shark
Nama Latin hewan ini adalah Somniosus microcephalus, namun ia memiliki banyak nama selain greenland shark. Kadang disebut sleeper shark, gurry shark, ground shark, grey shark, atau inuit eqalussuaq. Hiu besar yang dapat tumbuh hingga sepanjang 6 meter ini dapat ditemukan di sekitar perairan Atlantik Utara, khususnya di dekat Greenland dan Iceland. Yang menakjubkan, mereka dapat hidup hingga 200 tahun. Karena itulah, mereka juga terkenal sebagai hewan bertulang punggung yang hidup paling lama. Hiu ini biasa hidup di kedalaman 2000 meter di bawah permukaan laut, namun pernah tertangkap kamera di laut dangkal serendah 7 meter.

Great Hammerhead Shark

Great Hammerhead Shark

Great hammerhead atau Sphyma mokarran dapat tumbuh sepanjang 6 meter, dan dapat ditemukan di seluruh dunia. Hiu ini dianggap pemalu dibanding hiu-hiu lainnya, karena lebih suka menghindari manusia.

Bigeye Thresher Shark

Bigeye Thresher Shark

Hiu bigeye thresher atau Alopias superciliosus memiliki ciri khas berwarna abu keunguan, dan dapat tumbuh sepanjang 4,5 meter, dengan bobot mencapai 360 kilogram. Hiu ini dapat ditemukan di daerah laut khatulistiwa, dan biasanya hidup di kedalaman 500 meter di dasar laut

Thresher Shark

Thresher Shark
Tak jauh beda dengan bigeye thresher shark, hiu ini juga keturunan hiu besar yang dapat tumbuh hingga sepanjang 5,5 meter. Hiu yang hidup di perairan khatulistiwa ini sering kali terlihat lebih ramping jika dibanding hiu-hiu lain, namun bobotnya dapat mencapai 498 kilogram.

Bluntnose Sixgill Shark

Bluntnose Sixgill Shark
Hiu bluntnose sixgill atau Hexanchus griseus dikenal pula dengan sebutan hiu sapi. Warna jenis hiu ini bervariasi, dari warna keputihan, cokelat, hingga mendekati hitam. Hiu ini dapat tumbuh hingga sepanjang sekitar 4,7 meter, namun yang lebih besar dari itu pernah terlihat. Hiu bluntnose sixgill adalah jenis dari famili Hexanchidae, namun kebanyakan jenis saudara hiu ini sudah punah.

Fakta-fakta Menarik Seputar Hiu

  1. Hiu adalah hewan air yang buas sekaligus mematikan. Hewan ini seperti dirancang untuk menjadi predator sejati karena memiliki kecepatan berenang yang mengagumkan, gigi-gigi yang kuat sekaligus tajam, dan dapat hidup hingga 100 tahun. Lebih dari itu, hiu juga dapat mencium aroma darah dari jarak sekitar 4 kilometer. Berikut ini fakta-fakta menarik tentang hiu yang perlu kita tahu.
  2. Seekor hiu dapat mencium bau darah dari jarak sekitar 4 kilometer. Kemampuannya mendeteksi darah dalam air laut mencapai satu bagian darah per 100 juta bagian air laut.
  3. Gigi hiu bukan hanya tajam, tetapi juga sangat kuat. Kekuatan gigi seekor hiu setara dengan kekuatan baja.
  4. Meski usianya tak bisa disetarakan dengan hewan purba yang hidup hingga ratusan tahun, namun hiu juga tergolong hewan yang berumur panjang, karena rata-rata hiu dapat mencapai usia 100 tahun.
  5. Hiu dapat bertahan hidup tanpa makan selama 6 minggu. Rekor paling lama yang pernah tercatat adalah hiu Swell dalam akuarium, yang mampu bertahan hidup hingga 15 bulan tanpa makanan.
  6. Ukuran hiu berbeda-beda berdasarkan jenisnya. Yang paling besar adalah hiu paus yang bernama Latin Rhicondon typus. Panjangnya mencapai 15 meter, dengan 300 jajar gigi tajam dan ratusan gigi kecil lain di sela-selanya. Sementara hiu terkecil adalah hiu lentera katai atau Etmopterus peryy yang panjangnya hanya 20 centimeter.
  7.  Hiu tidak memiliki tulang tunggal di tubuhnya. Rangka tubuhnya dibentuk oleh tulang rawan/muda (seperti tulang pada telinga manusia).
  8.  Swell shark, spesies hiu yang ditemukan di New Zealand, dapat menggonggong seperti anjing.

 

 

 

Related Posts

Post a Comment

mgid