ADSENSE

Fakta-fakta Menarik Seputar Lumba-lumba

Post a Comment

 Fakta-fakta Menarik Seputar Lumba-lumba

Lumba-lumba dapat tidur dengan sebelah mata, sementara sebelah mata yang lain tetap terjaga. Kehebatan yang lain dari lumba-lumba adalah mereka dapat mengaktifk an salah satu sisi otaknya secara bergiliran. Dalam sehari, kedua sisi otak lumba-lumba akan aktif secara bersamaan selama 8 jam. Kemudian, dalam 8 jam berikutnya, salah satu sisi otaknya akan tidur, sementara sisi otaknya yang lain akan terjaga dan tetap sadar. Delapan jam berikutnya, sisi otak yang tidur akan terjaga, dan giliran sisi otak yang tadi terjaga akan tidur.

Berikut ini fakta-fakta menarik dan mengagumkan dari hewan yang diyakini bersahabat dengan manusia ini.

Lumba -  Lumba
Membonceng Arus Air

Lumba-lumba suka berenang mengikuti speed boat yang dikendarai manusia, atau berloncatan di depan dan di belakang speed boat, dan mereka dapat berenang secepat speed boat. Lumba-lumba putih Pasifi k dapat berenang dengan kecepatan sekitar 28 kilometer per jam. Ketika mengikuti speed boat yang tengah melaju, mereka dapat berenang lebih cepat lagi. Bagaimana lumba-lumba dapat melakukan hal semacam itu? Ketika melaju, speed boat menciptakan gelombang yang menekan air ke atas. Lumba-lumba berenang di antara gelombang dan mengikuti arus yang diciptakan speed boat. Karena itu, lumba-lumba tidak perlu mengeluarkan energi untuk berenang; lumba-lumba hanya “membonceng” mengikuti arus.

Suara untuk Melihat

Lumba-lumba menggunakan suara untuk “melihat”. Mereka mengeluarkan suara dan mendengarkan pantulannya untuk mencari makanan atau untuk navigasi. Ketika berburu ikan, lumba-lumba akan mengeluarkan suara yang sangat bising, sehingga membuat ikanikan kecil menjadi “pingsan”.

Pernah Punya Kaki

Para ilmuwan memperkirakan bahwa jutaan tahun lalu lumba-lumba memiliki kaki. Hal itu didasarkan pada keberadaan dua potong tulang panggul dalam kerangka lumba-lumba, yang diperkirakan bekas tulang kaki. Para ilmuwan menduga nenek moyang lumba-lumba dulunya berjalan di atas tanah.

Gigi yang Banyak

Beberapa jenis lumba-lumba memiliki gigi lebih banyak dan lebih panjang dibanding buaya. Bahkan ada jenis lumba-lumba yang memiliki gigi panjang sebanyak 250 buah. Namun, untungnya, lumba-lumba tidak suka menggigit manusia. Sejauh ini, tidak pernah ada berita yang menyebutkan lumba-lumba menggigit manusia.

Kerjasama yang Kompak

Beberapa jenis lumba-lumba memiliki gigi lebih banyak dan lebih panjang dibanding buaya. Bahkan ada jenis lumba-lumba yang memiliki gigi panjang sebanyak 250 buah. Namun, untungnya, lumba-lumba tidak suka menggigit manusia. Sejauh ini, tidak pernah ada berita yang menyebutkan lumba-lumba menggigit manusia.

Berkawan dengan Manusia

Lumba-lumba sering berkerumun di sekeliling kapal nelayan sambil berloncatan. Mereka menuntun ikan masuk ke dalam jaring nelayan. Di Brazil, lumbalumba hidung botol memberi tanda ketika jaring nelayan telah penuh dengan ikan.

Tidak hanya itu, lumba-lumba juga sering melindungi manusia yang kebetulan sedang menghadapi bahaya di air. Ketika ada perenang yang tengah diincar hiu, misalnya, sekumpulan lumba-lumba kadang mengelilingi manusia tersebut sambil memukul-mukulkan ekornya ke air, seolah melindunginya. Setelah hiu itu pergi, kawanan lumba-lumba pun pergi. Kejadian unik itu pernah menjadi berita terkenal, setelah Rob Howes, penjaga pantai Selandia Baru, dan tiga temannya, mengalami peristiwa semacam itu.

Memiliki Nama Panggilan

Dalam berkomunikasi, lumba-lumba menggunakan “suara peluit”, dan menggunakan “nama” untuk mengidentifi kasi satu sama lain. Beberapa ilmuwan menduga, lumba-lumba memiliki nama dan tanda panggilan khusus, juga menggunakan salam khusus ketika berpisah dengan kawannya.

Ada Bidan Persalinan

Di antara keunikan menakjubkan menyangkut lumba-lumba adalah adanya “bidan” yang membantu proses melahirkan. Ketika ada induk lumba-lumba yang akan melahirkan, seekor lumba-lumba akan berperan seperti bidan, yang berjaga dan membantu persalinannya. Setelah bayi lumba-lumba itu lahir, “bidan” itu akan membantu mengasuh bayi lumba-lumba.

Punya Selera Humor

Meski kecerdasan lumba-lumba sulit diukur karena mereka menggunakan otak dengan cara berbeda dibanding manusia, namun para ilmuwan meyakini lumba-lumba memiliki selera humor sebagaimana manusia. Seekor lumba-lumba bernama Ake, yang hidup di tempat peliharaan, diminta pelatihnya untuk membersihkan kolam. Lumba-lumba itu pun melakukan permintaan si pelatih, membawa kotoran berupa daun atau potongan benda, lalu diantarkan kepada pelatihnya. Setelah kotoran di kolam habis, lumba-lumba itu membuatnya sendiri. Ia mengelupas cat yang ada di kolam, lalu diantarkan pada pelatihnya sambil memperlihatkan seringai tertawa.

Hidup di Air Tawar

Sebagian besar spesies lumba-lumba hidup di laut. Namun, ada lima jenis lumba-lumba yang hidup di sungai berair deras. Lumba-lumba air tawar dapat ditemukan di Asia Selatan, sungai Yangtze (Cina), sungai Amazon, dan sungai Orinoco (Amerika Selatan).

Mata yang Canggih

Lumba-lumba memiliki sistem penglihatan yang canggih. Jika mata manusia tidak dapat jelas dan fokus ketika di dalam air, mata lumba-lumba seperti kamera canggih yang memungkinkan mereka dapat melihat dengan jelas di daratan maupun di air. Hal itu memang sangat diperlukan lumba-lumba. Beberapa jenis lumba-lumba harus naik ke permukaan untuk bernapas setiap 20 sampai 30 detik. Setiap kali muncul ke permukaan, lumba-lumba secara saksama akan memperhatikan pergerakan kawanan burung di sekitar mereka, karena di tempat burung berkumpul terdapat kawanan ikan. Selain itu, lumba-lumba dapat beristirahat dengan hanya mengaktifk an setengah dari otak mereka, dan matanya terbuka sebelah. Desain istimewa pada matanya melindungi mata lumba-lumba dari air laut yang asin, dan setiap mata lumba-lumba dapat berfokus pada satu titik berbeda pada waktu bersamaan. Lumba-lumba menyadari kelebihannya tersebut, dan memanfaatkannya secara maksimal. Ketika berenang, lumba-lumba dapat melihat ke depan dengan satu matanya untuk menentukan arah, sambil—dalam waktu bersamaan—berjaga-jaga dari bahaya dengan satu matanya yang lain. Selain itu, lumba-lumba bahkan dapat menutup salah satu matanya dan mengistirahatkan separuh otaknya. Beberapa waktu kemudian, ia melakukan hal yang sama pada mata dan separuh otaknya yang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, kedua sisi otak lumba-lumba akan sadar secara bersamaan selama 8 jam. Kemudian, sisi yang kiri akan tidur selama 8 jam. Setelah sisi itu terbangun, sisi yang kanan akan tidur selama 8 jam. Begitu seterusnya.


fakta lumba lumba sirkus fakta unik lumba lumba fakta dibalik lumba-lumba fakta umum lumba-lumba fakta lumba-lumba perhatikan fakta-fakta tentang hewan lumba-lumba berikut fakta ikan lumba lumba fakta menarik tentang lumba-lumba fakta tentang lumba lumba fakta unik tentang lumba lumba

Related Posts

Post a Comment

mgid