ADSENSE

Ragam Tulisan Di Media Elektronik

Post a Comment

 D. Mengenal Ragam Tulisan Media Massa 


Di media massa kita akan menemukan beragam tulisan. Sedangkan artikel atau sering juga yang menyebut opini, hanya 

salah satu bagian saja. Di antara tulisan itu di antaranya sebagai beukut 

1. Artikel 

Artikel atau opini merupakan tulisan yang mengungkapkan tentang pendapat, sanggahan, tuntunan, kritik atau masukan seseorang. Artikel marupakan karya ilmiah yang disajikan dengan bahasa yang popular. Artikel merupakan pendapat pribadi jikapun ada kutipan. maka kutipan itu harus disebutkan dan harus dapat dipertanggung jawabkan. Data-data yang disajikan harus faktual, bukan khayalan atau karangan. Artikel pada dasarnya diperuntukan bagi para pembaca, tetapi pada kenyataannya sering kali kolom artikel atau opini justru diisi oleh orang redaksi sendiri. 

2.Tajuk Rencana 

Tajuk rencana memuat tulisan tentan suatu topik yang dianggat setiap edisinya oleh suatu media massa. Dalam beberapa fakta, yang umum, tajuk rencana dibuat hanya satu tulisan saja setiap edisinya. Namun ada beberapa media cetak yang tajuk rencananya dua, yang satu menyoroti tentang kondisi nasional, yang satunya menyoroti fenomena internasional. Yang membuat tajuk rencana ini hanya redaktur, tidak yang lainnya, apalagi pembaca. Tajuk rencana dibuat dengan menggunakan gaya penyajian artikel atau opini. 

3.Kolom 

Kolom merupakan suatu tulisan singkat, hampir sama dengan tajuk rencana. Walaupun sedikit, namun kolom tidak bisa diisi oleh sembarang orang. Biasanya kolom hanya diisi oleh orangorang tertentu yang memang betul-betul pakar atau tokoh. Bahasanya pendek-pendek tetapi lugas dan jelas. Kata-kata yang tidak perlu sangat tabu untuk dituliskan. Jadi benar-benar hanya kalimat dan kata-kata yang pentinglah yang ada dalam tulisan kolom ini. 

4. Pojok 

Pojok merupakan tulisan singkat yang terkadang menggelitik. Biasanya berisi sebuah statemen yang kemudian diberi komentar oleh pihak redaksi. Statemen yang ironis atau seolah-olah menantang, |a|u diberi komentar pendek saja dengan tanggapan yang terkadang konyol dan menggelitik. sarat kritik dan terkadang tidak terpikirkan oleh orang lain. Setiap media massa menggunakan pojik ini “pojok” Itu sendiri, Republika misalnya menggunakan nama “Rehat" untuk kolom seperti ini. Tapi kenapa namanya disebut pojik, mudah saja, karena disimpannya selau dipokok. 

5. Surat Pembaca 

Rubrik ini sangat terbuka untuk umum. Kita bisa menulis apa saja (selama itu benar) di kolom ini. Kita bisa komplain kepada suatu perusahaan atau lembaga, kita memberikan komentar, tanggapan, ucapat terima kasih, undangan, kritik, saran, pengumuman, dll. Tldak ada aturan khusus untuk surat pembaca ini, asalkan tulisan itu informatid dan mudah dimengerti, sudah cukup untuk dikirim ke surat pembaca. Namun kalau dikategorikan, jenis tulisan surat pembaca ini termasuk kategori artikel atau opini. 

6. Feature 

Yaitu sejenis tulisan khas, memuat tentang berita atau suatu peristiwa yang disajikan dengan gaya bahasa yang ringan dan terkadang agak nyastra. Tulisan jenis ini sering ditemukan di media cetak, namun jika kita tidak tahu tentang feature kita sulit menemukan tulisan feature di media cetak, sebab rubriknya tidak dinamakan rubrik feature (tidak halnya dengan opini). 

7. Berita Langsung 

Jenis tulisan ini yang paling sering kita temukan di media massa cetak. Tulisan berita langsung ini menyajikan suatu peristiwa atau kejadian dengan bahasa yang Iigas dan singkat-singkat. 

Kelebihannya, tulisan ini bisa menyampaikan suatu peritiwa dengan cepat. Sedangkan kelemahannya kita tidak menemukan sisi-sisi lain dari suatu peristiwa. Dan jenis tulisan ini sering dipakai oleh media cetak harian. 

8.Laporan Mendalam 

Jenis tulisan ini bersifat mendalam dalam memberitakan sesuatu. Karenanya laporan jenis ini bisa sekaligus menyajikan sisi lain dari suatu peristiwa. Misalnya, jika ada suatu pembunuhan, yang disajikan bukan hanya ada peritiwa pemubuhan, dimana tempat pembunuhan, bagaimana kondisi korban, tetapi juga bias mengungkap modus pembunuhan, siapa yang membubuh (jika sudah diketahui), bagaimana tanggapan dan kondisi keluarga korban, bagaimana tanggapan dokter di Rumah Sakit yang menangani, bagaiaman tanggapan pihak kepolisian, bagaiaman paparan para saksi, dli. Kelebihan berita ini bersifat mendalam, kita diberikan kelengkapan informasi dari hasil sebuah reportase mendalam (investigasi). Sedangkan kelemahannya, kita tidak dapat mengetahui informasi ini secara cepat, karena liputan berita seperti ini memerlukan waktu yang cukup. 

9.Fiksi 

Tulisan fiksi memang belum tentu ada di setiap media massa. Terkadang hanya muncul di hari-hari tertentu. Namun demikian ada saja media yang lebih memberikan perhatian khusus terhadap jenis tulisan ini. Fiksi atau Cerpen, bias dibuat oleh siapa saja, sebab tulisan ini bias menyajikan tentang apa saja, baik yang factual dengan memberikan sentuhan sastra, maupun hanya hayalan. Karenanya jenis tulisan ini pula yang terkadang berkembang di kalangan remaja. Tulisan fiksi memerlukan daya imajinasi yang tinggi, karenanya orang yang memiliki daya hayaj yang kuat dapat memberikan sajian tulisan fiksi yang mengesankan. 

10. Puisi 

Walaupun dibuat dengan bahasa singkat-singkat, puisi memiliki kemiripan dengan karya fikSi. Baik cerpen maupun puisi, kedua. duanya terkasuk kategori karya sastra. Pembuatannya penuh muatan sastra, dan memerlukan daya imajinasi yang kuat. 

11. Advedtorial 

Tulisan ini sebenarnya bukan berita murni dari redaksi sebuah Surat Kabar, tetapi lebih kepada promosi suatu lembaga atau perusahaan. Namun masyarakat terkadang tekecoh dengan tulisan ini. Hanya saja pada sisi tertentu, terkadang tulisan ini sangat mudah dibedakan dari sisi lay outnya. Advedtorial terkadang diberi kolom khusus agar tidak terkesan berita dari redaksi, juga terkadang bergandengan dengan iklan dari suatu lembaga atau perusahaan. 

12. Caption 

Caption merupakan tulisan atau teks yang ada di bawah atau di samping (kiri/kanan) foto di media massa cetak. Caption ini sangat singkat, namun sangat komunikatif. Semua tulisannya memuat penjelasan tentang isi foto. Tulisan ini biasanya dibuat oleh orang yang memfoto sebab dialah yang paling tahu apa isi foto, peristiwa apa yang sedang terjadi, dimana peristiwa terjadi' siapa saja (jika ada gambar orang) yang ada dalam foto), untuk kepentingan apa peristiwa itu sehingga menjadi penting untuk difoto. 






Related Posts

Post a Comment

mgid