ADSENSE

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Post a Comment

 Flashdisk banyak diminati banyak orang, karena ukurannya yang compact, lebih efisien dibawa kemana-mana. Tapi gimana kalau tiba-tiba tidak terbaca ketika dikoneksikan ke komputer. Eits jangan ngira langsung rusak ya. Bisa kamu coba beberapa cara untuk mengeceknya. 

Cek kondisi fashdisk via Disk Management 

Dengan Disk Management kamu bisa tahu tuh apakah flashdisk kamu terdeteksi apa nggak. Setelah flashdisk terpasang di PC, klik kanan Start di pojok kiri bawah kemudian pilih Disk Management. Jika terdeteksi, flashdisk kamu terletak di bagian bawah sendiri sebagai “Removable”. Jka tidak terbaca kamu bisa melakukan format, resikonya file didalam flashdisk akan hilang. 


Pastikan tidak ada debu di kepala flashdisk 

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh flashdisk sehingga tidak dapat terbaca adalah masalah hardware. Bagian port atau kepala flashdisk umumnya terbuka dan karenanya, jadi mudah untuk kemasukan debu atau kotoran. Bersihkan dan gunakan penghapus untuk membersihkan bagian kuning di dalam port flashdisk. 

Perbarui driver di Device Manager 

Bisa juga nih driver dari flashdisk itu sendiri yang telah kedaluwarsa. Terus gimana ? kamu bisa langsung ke Device Manager via menu Ouick Access caranya berikut.

- klik kanan di Start. 

- Jika jendela Device Manager sudah terbuka kemudian cari USB Root Hub, klik kanan dan pilik "Update driver" 

- Selanjutnya pilih “Search automatically for updated driver software" namun pastikan PC kamu terkoneksi ke internet. 

- Tunggu sebentar dan driver flashdisk akan secari otomatis diperbarui. 

Matikan fitur USB selective suspend 

SB selective suspend merupakan salah satu fitur penghemat daya baterai yang membantu menghemat daya dengan cara mematikan daya port USB sekalipun flashdisk dalam kondisi terpasang. Jika flashdisk tidak terdeteksi, bisa jadi fitur yang satu ini dalam posisi aktif. Caranya gimana ? 
Untuk mematikannya, kamu bisa 

- klik kanan Start lalu pilih Power Options. 

- Jendela Power & sleep akan muncul, kemudian klik "additional power settings" di sisi kanan. 

- Lalu, pilih Change plan settings » Change advanced power settings » USB settings » "USB selective suspend setting”. Di bagian on battery dan plugged in, semuanya pilih Disabled. 

Related Posts

Post a Comment

mgid