ADSENSE

Modul Belajar Mandiri ASN PPPK Bidang Studi PGSD IPS

Post a Comment

Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang Ilmu Pengetahuan Sosial jenjang PGSD.

Modul Belajar Mandiri ASN PPPK Bidang Studi PGSD IPS

Pembelajaran 1: Manusia, Tempat dan Lingkungan

Manusia, Tempat dan Lingkungan merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan sekolah dasar (IPS) agar mampu Menjelaskan manusia sebagai individu, Menjelaskan manusia sebagai makhluk sosial, Menjelaskan manusia sebagai makhluk budaya, Menjelaskan konsep ruang, Menjelaskan konsep tempat, Menjelaskan Lingkungan alam, Menjelaskan konsep bumi

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi menganai Manusia. Tempat, dan Lingkungan dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan

Manusia sebagai individu sekaligus juga sebagai makhluk sosial sulit dipisahkan dengan manusia lainnya sejak lahir sampai dewasa selalu bergantung dan membutuhkan orang lain. Manusia juga merupakan makhluk budaya karena budaya dipelajari dan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya sebagai cara mempertahankan dan meneruskan sesuatu yang dianggap baik. Tempat di permukaan bumi dibentuk oleh karakter fisik dan makhluk hidup yang hidup di tempat itu. Dalam mengkaji tempat, aspek site dan situasi melekat di dalamnya yaitu kondisi internal tempat itu dan kondisi eksternal dari tempat itu.  Lingkungan diartikan segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi.  Bumi merupakan satu-satunya planet yang ada di lingkungan kita yang memenuhi syarat-syarat adanya kehidupan. Sebagai suatu tempat kehidupan, permukaan bumi adalah ruang yang luas yang memiliki bentuk beragam yang terbentuk oleh faktor endogen dan eksogen.  Manusia adalah salah satu makhluk hidup yang ada di permukaan bumi. Penduduk adalah semua orang yang menempati suatu wilayah hukum tertentu dan waktu tertentu. Penduduk yang mendiami wilayah suatu negara sering memunculkan berbagai macam dinamika kependudukan.

Untuk lebih memahami materi mengenai Manusia Tempat, dan Lingkungan, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan

 Link Materi Pembelajaran 1

Pembelajaran 2: Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya

Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan sekolah dasar (IPS) agar mampu Menjelaskan konsep waktu, Menganalisis metode sejarah, Menganalisis keberlanjutan dan perubahan dalam sejarah, Membandingkan pengaruh Kerajaan Hindu-Budha dan Islam pada kehidupan masyarakat Indonesia, Menganalisis perlawanan terhadap penjajahan di Indonesia, Menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Menjelaskan konsep kebudayaan, Menjelaskan unsur-unsur kebudayaan, dan Menjelaskan watak nilai

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi menganai Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan

Waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan sedang berlangsung. Kata sejarah di dalamnya mengandung arti pertumbuhan atau kejadian yang tumbuh hidup, berkembang, bergerak terus dan akan berjalan terus tanpa henti sepanjang waktu.  Sejarah sebagai sebuah peristiwa menyangkut peran manusia baik sebagai objek maupun sebagai subjek pelaku dalam peristiwa sejarah dalam kurun waktu dan ruang. Sejarah sebagai kisah adalah sejarah yang dikenal sehari-hari melalui buku-buku, majalah-majalah, dan surat-surat kabar. Sedangkan sejarah sebagai ilmu adalah sejarah sebagai aktualitas, mengadakan penelitian dan pengkajian terhadap peristiwa sejarah. Metode sejarah merupakan pedoman yang digunakan sejarawan terhadap sumber-sumber sejarah melalui tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Kehidupan manusia saat ini merupakan keberlanjutan dari kehidupan masa lampau dan kehidupan saat ini merupakan jalan untuk menyongsong kehidupan di masa datang. Perubahan adalah gejala biasa yang terjadi dalam setiap masyarakat, cepat atau lambat masyarakat akan mengalami perubahan. Sistem sosial adalah orang-orang yang ada dalam kelompok yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lain. Sistem budaya merupakan ide-ide, gagasan- gagasan manusia yang hidup bersama dalam suatu masyarakat.

Untuk lebih memahami materi mengenai Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan

 Link Materi Pembelajaran 2

Pembelajaran 3: Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan

erilaku ekonomi dan kesejahteraan merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan sekolah dasar (IPS) agar mampu menjelaskan perilaku, motif, dan prinsip ekonomi; Konsep produksi, distribusi, dan konsumsi; Menganalisis pasar; dan menganalisis kesejahteraan.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi mengenai Perilaku ekonomi dan kesejahteraan dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam mengusahakan dan mengatur kegiatan kosumsi dan produksinya. Dengan mempelajari ilmu ekonomi berarti kita juga mempelajari suatu perilaku dalam memilih berbagai alternatif yang memberikan hasil terbaik. Kebutuhan manusia memiliki sifat yang tidak terbatas karena manusia cenderung tidak pernah merasa puas dan selalu merasa kekurangan sementara sumber daya yang dimilikinya terbatas.  Dengan keterbatasan sumber daya dimiliki tersebut, manusia berusaha mengatasi masalah itu dengan melakukan perilaku ekonomi. Motif merupakan alasan atau niat dari suatu kegiatan. Semua yang dilakukan manusia memiliki alasan tertentu. Motif ekonomi merupakan sebuah alasan yang mendasari seseorang dalam melakukan aktivitas perkekonomiannya. Sedangkan prinsip ekonomi adalah suatu usaha dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan pengorbanan yang minimal. Inti dari kegiatan ekonomi adalah produksi, disribusi dan kosumsi. Produksi adalah kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Distribusi adalah proses menyalurkan barang dan jasa dari produsen sampai pada konsumen. Sedangkan konsumsi adalah suatu aktivitas pemakaian barang dan jasa baik secara langsung maupun tidak langsung. Pasar adalah tempat pertemuan antara pembeli dan penjual walaupun mungkin tidak secara langsung tetapi melalui saluran lain yang dapat menghubungkan antara penjual dan pembeli. Kesejahteraan masyarakat sebenarnya adalah objek formal kajian ilmu ekonomi. Semua orang yang melakukan kegiatan ekonomi adalah dalam rangka memenuthi kebutuhan hidupnya untuk memperoleh sebuah kesejahteraan.

Untuk lebih memahami materi mengenai Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan

 Link Materi Pembelajaran 3

Pembelajaran 4: Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global

Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru pendidikan sekolah dasar (IPS) agar mampu Menjelaskan hakikat IPTEK, Menjelaskan perkembangan IPTEK, Menganalisis perkembangan IPTEK dan kehidupan manusia, Menjelaskan kelestarian lingkungan, Menganalisis perkembangan IPTEK dan kelestarian lingkungan, Menjelaskan masyarakat global, Menganalisis perkembangan IPTEK dan masyarakat global

Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari materi mengenai Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline. 

Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi.

Perkembangan IPTEK tidak lepas dari kehidupan manusia. Tidak mungkin IPTEK berkembang tanpa adanya manusia. Perkembangan IPTEK berperan sangat besar dalam kehidupan manusia di belahan dunia mana pun. Dengan kata lain, perkembangan IPTEK seakan-akan merupakan faktor dominan dalam perkembangan keadaan dunia seperti sekarang. Hal ini merupakan tantangan bagi kita untuk dapat mengembalikan IPTEK dalam peranannya bagi kehidupan manusia. Bagaimana IPTEK digunakan untuk penggalian dan pengembangan kekayaan alam yang membawa manfaat bagi manusia pada umumnya secara terus-menerus dengan mengamankan ekosistem manusia bagi generasi yang akan datang? IPTEK harus digunakan untuk mempercepat proses produksi dan pertumbuhan ekonomi, memperluas lapangan kerja, untuk menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat secara merata bukan malah digunakan untuk merusak dan mengganggu keseimbangan tatanan kehidupan manusia dalam masyarakat global.  

Masyarakat global merupakan suatu masyarakat yang memiliki pemikiran secara meluas, tidak lagi terbatas pada batas suatu negara, bersifat universal dan mengglobal tidak hanya peduli terhadap permasalahan di negaranya saja namun juga mencakup masalah orang-orang di negara lain. Dengan perkembangan IPTEK, masyarakat global dapat saling berinteraksi satu sama lain dengan melalui perjalanan udara, telekomunikasi, jaringan komputer dan elektronik yang dapat digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dari belahan manapun di dunia ini.

Untuk lebih memahami materi mengenai Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengklik tautan yang telah disediakan.

 Link Materi Pembelajaran 4

Refleksi Pembelajaran

Related Posts

Post a Comment

mgid