ADSENSE

Cari Tahu Penyebab Laptop Sering Restart Sendiri

Post a Comment

Cari Tahu Penyebab Laptop Sering Restart Sendiri

1.Processor Terlalu Panas 

Kondisi bagian dalam laptop menyimpan banyak debu yang menumpuk, sehingga aliran sirkulasi udara menjadi sedikit terganggu. Dan efeknya adalah membuat panas bagian dalam dari laptop itu sendiri. 

Thermal paste, yang ada pada processor dan pendingin processor sudah kering atau bahkan sudah hilang. 

Kondisi ruang penyimpanan laptop yang memang lumayan panas.

2. Virus Menyerang Laptopmu 

Virus serang laptop

Ada kemungkinan juga komputer terkena virus, virus membuat kerja memori menjadi terbebani karena melakukan proses yang sama secara berulang-ulang. Dengan demikian laptop dapat menjadi restart-restart dengan sendirinya. 

3. Kondisi RAM Tidak Sehat 

RAM rusak

Biasanya laptop masih dapat hidup dan berjalan seperti biasanya, tetapi kemudian akan melakukan restart di saat-saat tertentu. Walaupun sudah dipastikan semua hardware dalam keadaan baik tetapi masalah itu tetap ada. Kemudian saya coba untuk mengganti RAM dengan yang lain, dan hasilnya laptop dapat berjalan dengan normal. 

4. Harddisk Mengalami Bad Sector 

Bad Sector

Harddisk yang demikian dapat membuat laptop mejadi hang, laptop tidak bisa booting, muncul bluescreen, ataupu secara terus menerus melakukan restart. Untuk memperbaiki dan mencegah hal tersebut terjadi pada harddisk kita maka kila bisa menjalankan program scandisk atau checkdisk, men-defrag harddisk secara berkala, dan juga pastikan selalu mematikan laptop dengan benar, yaitu dengan sistem shutdown. 

Related Posts

Post a Comment

mgid