ADSENSE

10 Tips jaga Kondisi Tubuh Saat Musim Hujan

3 comments

Sudah menjadi kebiasaan bahwa banyak orang mudah sakit saat musim hujan. Ketika musim hujan datang, kerapkali membuat tubuh cenderung lebih mudah terserang penyakit. Flu, Batuk, pilek, demam, masuk angin dan diare adalah penyakit langganan di saat musim hujan. Bagaimana tips menjaga tubuh agar tidak mudah sakit saat musim hujan? Yuk simak tips berikut:

Tips saat hujan

1. Segera Mandi dan Keramas Saat Kehujanan. 

Sebisa mungkin ketika kena air hujan, segera membersihkannya dengan mandi dan keramas. Karena partikel polusi ada pada air hujan dan kita tidak bisa menjamin kebersihannya.

2. Usahakan Tubuh Selalu Hangat

Misalnya dengan memakai jaket atau sweater. Minum minuman hangat atau makanan yang hangat. Karena suhu dingin saat musim hujan bisa menurunkan daya tahan tubuh jika terpapar terlalu sering.

3. Jaga Makanan 

Musim hujan membuat bakteri dan kuman mudah tersebar dan penyakit infeksi menular menjadi lebih banyak kejadiannya. Anda perlu menjaga makanan dan memperhatikan sumber makanan. Pilih tempat makan yang bersih dan layak.

4. Tidur Cukup dan Tidak Begadang

Bagi orang dewasa minimal tidur 6-8 jam sehari. Jika terpaksa bagadang, gantilah dengan tidur siang. Jangan sampai kurang tidur kemudian kehujanan atau mandi air hujan. Tidur adalah fase di mana tubuh memperbaiki daya tahan tubuh dan meningkatkannya selama turun.

5. Banyak Minum Air Putih

Air putih merupakan sarana detokfisiksi yang baik. Air bisa membantu melepaskan racun-racun dalam tubuh. Minum air minimal 8 gelas sehari dan usahakan membawa tempat minuman di mana saja Anda berpergian.

6. Jaga Kebersihan Rumah 

Perhatikan kebersihan rumah, terutama genangan air dan saluran airnya. Musim hujan membuatnya mudah menjadi sarang penyakit. Jaga kebersihannya agar anggota keluarga bisa terjaga dari kuman dan virus yang bisa menyerang kapan saja di musim hujan.

7. Cuci tangan dengan sabun 

Tips kesehatan musim hujan yang satu ini tak kalah penting. Anda mungkin memiliki kebiasaan buruk tidak mencuci tangan saat ingin melakukan apa pun, dan hal inilah yang harus diubah. Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja Anda terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat cuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun. 

8. Asupan Vitamin C 

Tingkatkan asupan Vitamin C dalam suplemen dan bahkan bentuk alami untuk mencegah virus flu bisa menjadi tips musim hujan yang sangat musah. Mendapatkan vitamin C yang baik seperti jeruk, gojiberry, ceri, kiwi, dan bawang putih dikenal sebagai obat yang umum untuk mengatasi flu dan meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah kering alami dengan kandungan Vitamin C juga membantu mengobati banyak masalah kesehatan umum seperti diabetes, demam, tekanan darah tinggi, dan masalah mata terkait usia. Makanan tersebut dapat dimakan setelah dimasak, mentah, atau bahkan dikeringkan dan biasa digunakan dalam smoothie, teh herbal, obat-obatan, dan jus. 

9. Kenakan alas kaki dengan baik 

Cacing dan jamur dapat masuk ke tubuh melalui kaki, jadi selalu pakai alas kaki dengan benar saat keluar rumah. Pastikan juga kaki Anda selalu dalam keadaan bersih dan menggunakan sepeti atau sandal yang bersih Tips kesehatan musim hujan yang perlu Anda perhatikan adalah jika sepatu basah karena kehujanan, selalu siapkan sandal di kantor. Pakailah sandal jika keluar rumah di saat hujan. 

10. Tutup mulut Anda saat bersin 

Jika disekitar Anda banyak orang atau sedang di kantor, tutupi mulut dan hidung Anda dengan kertas tisu, sapu tangan, atau bagian dari pakaian Anda saat bersin atau batuk. Tips menjaga kesehatan di musim hujan ini dapat mengurangi penyebaran virus atau bakteri. 



Nah itulah beberapa tips agar tidak mudah sakit saat musim hujan. Semoga bermanfaat

#tipsmusimhujan #tipskesehatan #infokesehatan #sehatitumahal #tipssehat #infosehat #hujan #tipshujan #musimhujan #keluargasehat #keluargaindonesia #samesametips #tipssaathujan

Related Posts

3 comments

  1. Ini penting banget tipsnya, apalagi soal angetin badan, soalnya musim hujan sekarang agak ekstrem disertai angin kencang. Semoga sehat terus buat semuanya

    ReplyDelete
  2. Semua poin bermanfaat, makasih tipsnya. Salam blogger

    ReplyDelete

Post a Comment

mgid